1.Ketua Forum Redam Korupsi (FORK) – Cabang Lampung
2.
Ketua Forum Pembelaan Ibu dan Anak– Cabang Lampung
3.Koordinator Konsultasi Hukum bagi Rakyat-Cabang Lampung

Jumat, 29 November 2013

Menanggapi Advokasi Anak dan Langkah Nyata


Anak-anak tidak memiliki kekuasaan politik. Mereka terbatas mengatakan dalam keputusan yang mempengaruhi kehidupan mereka dan umumnya tidak dapat memperoleh ganti rugi ketika keputusan diambil bertentangan dengan kepentingan terbaik mereka.
Anak-anak dan orang muda adalah kelompok yang relatif tidak berdaya dalam masyarakat. Orang dewasa sangat sering membuat keputusan yang berarti tentang anak-anak mereka tanpa konsultasi atau melibatkan partisipasi mereka dalam proses pengambilan keputusan. Mereka jarang diberitahukan atau berkonsultasi tentang hukum dan kebijakan yang akan berdampak pada mereka. Mereka seringkali ditolak hak dan peluangnya, sebagaimana anggota lain dari masyarakat mengambil hak dan peluang yang diberikan. Banyak hukum memperlakukan anak dan remaja bukan sebagai manusia tapi sekedar milik orang tua mereka atau sebagai obyek perhatian. Banyak hukum dan kebijakan proteksionis didasarkan pada gagasan paternalistik usang. Ada ketidakseimbangan yang cukup besar antara anak-anak dan orang muda dan instansi pemerintah seperti polisi dan sekolah.
 
Keputusan sering dibuat oleh para profesional dengan pemandangan anak-anak tidak sedang diperhatikan atau dipastikan diabaikan. Anak-anak adalah penerima pasif dari keputusan yang dibuat atas nama mereka oleh orang dewasa yang kuat. Hal ini telah dijelaskan oleh Michael Freeman sebagai "proses dominasi yang mengakar" dan oleh Penelope Leach sebagai "otoritarianisme baik hati" tapi, lebih sederhana, itu adalah hari manifestasi modern dari pepatah lama "Anak-anak harus dilihat dan tidak didengar". 

Kebutuhan untuk advokasi

Anak-anak mengandalkan sebagian besar pada orang dewasa untuk berbicara atas nama mereka dan melindungi hak-hak mereka. Kerentanan anak-anak cenderung diperkuat oleh sikap masyarakat dan proses hukum.

Anak-anak membutuhkan pendukung, karena mereka tidak bisa menjaga kepentingan mereka sendiri. Orang tua seharusnya melakukan ini untuk mereka: beberapa tidak, atau tidak bisa. Anak-anak tidak didengar oleh banyak orang dewasa yang membuat keputusan yang paling mempengaruhi mereka - guru dan pengelola sekolah, pemerintah yang memutuskan sumber daya apa yang akan dan tidak akan tersedia untuk keluarga mereka, atau anak-anak sendiri, oleh pekerja kesejahteraan, hakim dan polisi

... Anak-anak terlalu dirugikan dalam melindungi kepentingan, hak dan kebebasan mereka. Sistem hukum kita menolak suara mereka sebagai saksi, hilang dalam perawatan, diusir tanpa penolong dari sekolah, dieksploitasi dan dilecehkan di jalan-jalan dan dalam sistem yang dirancang untuk melindungi mereka. Pada anak-anak prinsipnya, sebagai orang , memiliki hak dan kepentingan hukum dan memiliki suara dalam keputusan yang mungkin dapat mempengaruhi mereka, anak-anak, sebagai warga negara, harus memiliki akses yang lebih baik ke proses pemerintahan yang secara langsung mempengaruhi mereka, anak-anak, sebagai manusia dengan hak-hak sosial, harus memiliki akses yang sama terhadap hukum, dan bahwa masyarakat memiliki kewajiban untuk memberikan hak-hak mereka.

Berbagai pelanggaran terhadap anak-anak menggambarkan mungkin kurangnya mekanisme advokasi yang memadai untuk anak-anak.

Anak-anak yang mengklaim bahwa mereka dilecehkan, diserang, diperkosa dan dipenjara, mereka tidak dipercayai: sistem tidak mengizinkan mereka untuk berbicara dan didengar. Lembaga menolak untuk menerima bahwa staf mereka dapat bertindak begitu memalukan. Polisi memberikan prioritas kepada "persyaratan operasional" dan sistem perlindungan pendidikan dan anak yang "kendur". Anak-anak tidak tahu dan tidak bisa menuntut hak-haknya, bahkan hak integritas mereka secara keseluruhan. Mereka tidak memiliki kelembagaan atau advokasi apapun.  Itulah masalahnya. Sistem sosial dan hukum kita tidak advokasi anak sah.

Banyak orang muda mengatakan bahwa mereka tidak memiliki suara yang cukup dalam proses hukum yang mempengaruhi mereka. Misalnya, dalam survei Penyelidikan orang-orang muda di Australia, 70% dengan pengalaman dari sistem peradilan anak menunjukkan bahwa hakim atau hakim tidak membiarkan mereka memiliki suara dalam kasus ini. Di antara mereka yang telah terlibat dalam proses kesejahteraan, 62% tidak tahu apa yang terjadi dan 78% tidak memiliki cukup suara dalam keputusan yang dibuat.

Bahkan di mana ada standar yang wajar layanan untuk anak-anak, advokasi memainkan peran penting.  Satu pendapat pada pertanyaan ini berbicara tentang peran advokasi dalam 'memanusiakan birokrasi' dan membantu anak-anak dan keluarga mereka untuk menavigasi jalan melalui labirin kompleks proses birokrasi untuk mendapatkan akses ke layanan.

Anak-anak membutuhkan keduanya advokasi sistemis dan advokasi sebagai individu. Anak-anak sebagai kelompok dibantu untuk mengambil peran aktif dalam memengaruhi semua anak melalui advokasi sistemik berbasis luas. Advokasi masing-masing anak tetap perlu dan penting. Namun, pengawasan dan pemantauan layanan dan program pemerintah, melobi pemerintah atas nama semua anak dan menangani keluhan untuk memastikan semua akuntabilitas menjadi fungsi advokasi yang penting.


Sumber :  http://www.golden-growth.com